Monthly Archives: April 2012

Mini market menjamur = Pasar tradisional tersungkur

Keberadaan minimarket yang telah menjamur di sejumlah wilayah di Indonesia, dengan itu keberadaannya membawa dampak positif dan negatif. Positif dengan memajukan sistem perdagangan dari tradisional ke modern, akan tetapi dampak negatifnya adalah sistem perdagangan tersebut membuat para pedagang tradisional lemah dalm persaingan bisnis, omzet mereka otomatis tertekan. Bahkan tak jarang banyak toko tradisional gulung tikar akibat keberadaan mini market seperti Indomaret, Alfamart, Circle K dan sekarang Seven Eleven.

Keunggulan strategi format toserba (toko serba ada) berpotensi pada pilihan lokasi, sistem informasi handal, suasanya nyaman, kelengkapan produk dan harga yang murah. Faktor terakhir itu yang menurut saya yang menyebabkan beralihnya para konsumen dari pasar tradisional ke pasar modern. “kenapa si toserba bisa lebih murah sih?” pemangkasan biaya transportasi dan dana-dana tambahan dari tangan kedua lah yang menyebabkan terjadinya penyederhanaan harga. Mayoritas toserba itu memiliki pabrik produksi sendiri atau mereka langsung berhubungan dengan si pabrik tanpa perantara lagi.

Saat ini ada SERIBU DELAPAN RATUS ENAM PULUH DELAPAN minimarket di DKI Jakarta ajah!
1.443 diantaranya tidak memiliki perizinan atau izinnya gak lengkap. Selain itu 37 diantaranya menyalahi aturan jarak “harus lebih dari 500m dari pasar tradisional. Protes dilayangkan ke pemilik 7-11 dr alfamart dan indomart, dimana harusnya minimarket sudah sangat dibatasi, tetapi 7-11 masih terus melebarkan sayapnya. Nah katanya perizinan Sevel bukan untuk minimarket melainkan restoran. Seribu cara di keluarkan demi meraup keuntungan sebesar-besarnya walaupun berdiri diatas penderitaan pasar tradisonal.

Kententuan Pemda yang berlaku, pendirian minimarket minimal harus berjarak 500 meter dari pusat pasar tradisional hal ini dimaksudkan agar para pedagang tradisional tidak resah untuk disaingi dengan keberadaan si pasar modern.

Keberadaan toserba-toserba itu juga yang menjadikan masyarakat lebih konsumtif. Mereka selalu membuat inovasi yang tidak dilakukan oleh pasar tradisional seperti pemberian diskon, membuat paket ekonomis, harga khusus members dan bonus belanja. Dengan cara seperti itu bagaimana kita bisa menolak coba?

Mudah-mudahan Pemda bisa segera menemukan jalan keluar yang lebih adil bagi kedua pihak terutama dari pihak pedagang di pasar-pasar tradisonal yang terancam hidupnya..

Iklan
Dengan kaitkata , , ,

Kesenian sebagai sarana negara

K-Pop siapa yang ga tau sih? Selain personilnya yang punya paras cantik dan ganteng mereka menunjukan kualitas suara dan nge-dance yang bisa dibanggakan juga! Pesona mereka tersebat keseluruh pelosok bagian di dunia. Konser-konser yang sedang dan sudah dilaksanakan tidak hanya batas Asia tapi juga sampai benua Amerika dan negara-negara di Eropa. 
 
Sekarang saya bukan mau ngomogin tentang personil band K-Pop melainkan Pemerintah Korea Selatan yang menjadikan K-Pop dan K-Drama sebagai marketing negara itu sendiri dan sumber devisa yang cukup besar. Sudah dari 5 tahun lebih Pemerintah mereka menggarap ini sebagai salah satu proyek utama untuk sumber promosi lho! Tapiii jangan salah Pemerintahnya ga sekedar menumpang aja, malahan mereka menyuport dari seti pendanaan juga. bentuk support mereka juga dalam bentuk memberikan semua schedule grup-grup K-Pop kepada seluruh kedutaan-kedutaannya dan menjadi “agent” untuk menyampaikan keinginan kepada management grup K-Pop bilamana ada yang tertarik menggelar konser mereka.
 
Image
 
Pertukaran dan pengenalan pada kultur Korea Selatan juga di sisipkan kedalam setiap tur grup-grup itu. dipercaya cara ini sudah sangat berhasil menarik International tourist untuk datang ke Korea, kenaikan nya cukup signifikan sebesar 60% lebih. tidak hanyak Korea, Amerika dengan Hollywood dan India dengan Bollywood juga menjadi sumber devisa bagi negaranya. 
 
Saya takjub dengan cara pemerintahan seperti itu menjadikan kesenian sebuah peluang besar dan diberikan dukungan penuh. Indonesia sebetulnya juga punya artis yang cukup dikenal luas. Sangat disayangkan mata pemerintah kita masih tertutup dan tangannya terikat pada peraturan adat yang ga jelas. jadilah bidang seni ini akomodasi sekunder . Tidak hanya dibidang tarik suara aja kesenian Indonesia cukup dikenal, lukisan dan per-film-an juga juara. 
 
Saya harap pemerintah Indonesia bisa beradaptasi sejalan berkembangnya zaman. Tidak terpatok dengan cara-cara Promosi ortodoks. Nantinya itu akan berjalan seiring dengan pelestarian kesenian di Indonesia.  Maju terus kesenian Indonesia!!! 🙂 
Dengan kaitkata , , , ,

Nasib pahlawan devisa asal Indonesia


Lagi-lagi kita dengar Tenaga Kerja Indonesia dibunuh, disiksa, diperas, dirodi, dihina, hingga sekarang dijual. capek dengernya? tidak sedikit juga yang merasakan bahwa harga diri indonesia ikut direndahkan dengan kejadian-kejadian itu.

 
Sebenarnya diantara semua pemberitaan yang menyedihkan dari tenaga-tenaga kerja kita diluar sana, banyak juga lho yang hidup bahagia dan makmur. Media massa yang memainkan peran, mereka pilih berita yang bisa melejitkan pembaca mereka. Udah lah ya, kita ga usah bahas media dulu, sekarang fokus ke masalah yang masih panas dibicarakan. 
 
Penembakan 3 TKI  dan penjualan organ-organ tubuh mereka 😦 sangat penyedihkan. belum pasti adanya, tapi kedepan sebagai generasi muda apa yang bisa kita lakukan? karena masalah ini akan terus bermunculan dan sy belum mendengar ada tindakkan tegas dari Pemerintah. Rumit dan dipersulit pasti sedang dihadapi Kedubes RI di Kualalumpur, saya yakin mereka merasakan hal yang sama. Masalah seperti ini selalu harus diselesaikan dengan kepala dingin jangan langsung emosi dan main tuduh bahwa kerja Kedubes kita disana lemah, kita tidak tahu mana yang benar. Informasi yang saya baca Polisi disana menembak karena ketiga orang itulah yang menyerang polisi-polisi duluan, dalam rangka mempertahankan diri mereka refleks menembak. Tapi banyak kejanggalan dari sana, kalau iya mereka menembak untuk pertahanan kenapa dari otopsi banyak sekali bekas peluru yang bersarang seperti diberedel. Cerita panjang dan berliku-liku itu sudah jelas, jadi kita tunggu aja hasil otopsi mereka.
 
Saya juga pernah bersekolah di Malaysia dan sempat menjadi TKI selama kurang lebih 2 tahun, dari sudut pandang dan pengalaman saya sangat banyak TKI dan TKW yang hidup dimimpinya. seperti mbak yang biasa membersihkan apartemen saya, (sebut saja mba Yeni) sudah lebih dari 5 tahun dia berkerja sebagai pembantu rumah tangga di Malaysia. Dari kerjaannya disana dia dapat membiayai anak-anaknya bersekolah hingga tahap S1 di universitas ternama negara yang terletak di Semarang. Mbak Yeni hanya sebagian kecil dari TKW yang mendapatkan peruntungannya di negri orang. Untuk saya bekerja disana memang sempat mendapatkan tekanan dan sedikit rasis, tapi masih dalam batas yang bisa ditolerir ko. Jadi tidak selamanya jadi TKI/TKW hidupnya dalam penyiksaan.
 
Malaysia sangat membutuhkan kita, begitu pula sebaliknya, untuk mendukung kerjasama bilateral antara kedua belah negara dibutuhkan kontrak kerjasama yang lebih baik dan tegas pada point HAM. Bagaimana pemerintah Indonesia boleh mengakses langsung tenaga kerjanya yang dikirim dan mereka yang telah ditempatkan kesana melaksanakan wajib lapor 1 kali dalam 1 atau 3 bulan. Dengan begitu kita terus dapat memantau perkembangannya. Bagi yang tidak melakukan wajib lapor langsung di deportasi kembali ke Indonesia dan segera menggantikannya dengan orang baru. Bilamana dalam jangka waktu yang ditentukan tenaga kerja yang kita kirim tidak ada kabarnya, kita bisa langsung datang ke tempat dia bekerja dengan ditemani kuasa hukum (migran care) bila perlu.
 
Banyak sekali caranya bila pemerintah dan PJTKI mau memaksimalkan peran mereka melindungi pahlawan-pahlawan devisa kita. Jadi bukan sekedar predikat semua semata. Tetap semangat dan jaya lah terus kawan-kawanku dsana.. 🙂 
Dengan kaitkata , , , ,

Pembatasan Premium

Rencana pembatasan bahan bakar minyak bersubsidi akan diterapkan segera! wacananya bukan baru kali ini aja lho.. niat ini muncul kepermukaan (lagi) dikarenakan harga minyak bumi yang bukan lagi merangkak naik melainkan berlari naik, dilain sisi penghematan anggara negara juga sangat dibutuhkan disektor lain. Kebijakan ini bakal berlaku mulai 1 Mei 2012 , lalu mundur ke 1 Agustus 2012 dan itu akan terus mundur bila pengambilan sikap pemerintah yang tak kunjung tegas. Untuk bulan Mei sih pembatasan itu akan tetap diberlakukan tapi hanya untuk mobil berplat merah. Pada bulan Agustus lah rencananya pembatasan kendaraan jenis 1.500 cc diberlakukan. Mobil-mobil itu diharuskan menggunakan bahan bakar non-subsidi seperti Pertamax dan Pertamax Plus (atau Premix, campuran Premium dan Pertamax)

Pembatasan BBM ini dilakukan untuk menekan laju konsumsi BBM bersubsidi yang diperkirakan akan mencapai 47 juta Kiloliter. Banyak jalan untuk memfasilitasi niat baik pemerintah itu, BPH Migas dan Kepolisian selaku salah satu penanggung jawab sedang menyiapkan beberapa cara. Stiker ber-hologram yang susah ditiru akan diproduksi dan penempelan dilakukan ketika pembuatan atau pembaharuan STNK mobil. Tidak hanya itu, beberapa “jurus jitu” sedang dalam pembahasan seperti mempersiapkan pengembangan converter untuk mobil, motor, bahkan motor perahu untuk nelayan. jurus lainnya yang juga masih dalam pengembangan adalah peningkatan kualitas angkutan umum.

Lucu juga ya kalau saya bayangkan, masuk SPBU distop dan dikelompokkan. “maaf pak mobil bapak bertandakan >1500cc jadi bapak keloket sebelah kiri, kalau ibu stiker-nya <1500cc jadi keloket sebelah kanan. Stiker resmi itu menurut saya ga akan bertahan lama karena pasti langsung ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab mau ambil untung jadi mereka langsung membuat paslunya. uang aja ada palsunya apalagi cuma stiker.

"ahh.. ngeluh doang lu! solusinya mana?" tenang bapak-bapak, ibu-ibu sekalian, saya punya ide cemerlang dan tidak perlu biaya yang luar biasa besar. Yaitu dengan mengharuskan setiap SPBU memiliki kamera pocket (harganya berkisar 400.000-keatas), jadi setiap ada mobil pribadi yang tidak layak dapat Premium security SPBU datang dan dengan jelas memotret mobilnya yang sedang diisi oleh si selang kuning. Kementrian ESDM atau pihak-pihak yang bertanggung jawab hanya tinggal bekerjasama dengan media dan memasukkan foto itu setiap harinya. itu efek jeranya lebih terasa karena malu. masa beli mobil mahal pake Premium. Kalaupun tidak sampai masuk media setidak-tidaknya mereka sudah ketakutan bilamana gambar mobilnya lah yang masuk ke media. setuju?

atau kalian punya cara yang jitu nan murah untuk pengawasan itu?

Dengan kaitkata , ,

Sosok Mentri Koboy

Aksi demi aksi ditunjukan oleh Mentri BUMN, Bapak Dahlan Iskan. Banyak Aksi beliau yang tidak seperti mentri  dan itu membuat pejabat-pejabat kegerahan. Jauh dari mengamuk dan membuka paksa pintu tol semanggi sosok Mr. Koboy yang satu ini telah melakukan banyak hal yang “tidak biasa” seperti; menjadi supir Wamen BUMN (diakui dirinya itu untuk cara dia akrab dengan wakilnya), mantan bos Jawa Pos ini mentah-mentah menolak lift dan ruang kerja pribadi, jalan kaki atau menggunakan angkutan umum (meninggal kan kendaraan RI dan pengawalannya), menginap di rumah petani miskin di Sragen (pada pertengahan Maret 2012 mantan Dirut PLN ini memilih menginap di rumah seorang warga Dusun Karang Rejo demi dekat dengan rakyat disana) dan masih banyak lagi. Kalau mau gw tulisin semuanya nanti gw dikirain promosiin dia deh nanti. 

Dengan sikap mentri yang seperti itu kita sebagai rakyat pasti senang ya? Setelah disuguhi dengan banyak tontonan gaya hidup mentri yang exclusive dan high class, sosok beliau memberikan penyegaran dengan semua kesederhanaan sikapnya dan ketegasan memimpin BUMN.
 
Memang “manusia tidak akan luput dari dosa” atau ungkapan lainnya” tidak ada manusia yang sempurna” Istilah itu sangat pas ketika kita lihat beliau salah “masuk kamar”. Mentri yang sukses menjalanin pencangkokkan hati ini kembali “mengamuk” di pintu tol gara-gara antrean panjang. Kali ini ia membuka empat pintu di gerbang tol Ancol Barat. Ia juga menggratiskan ratusan mobil yang melalui empat jalur tersebut. Namun ia lupa, tol itu ternyata milik swasta, bukan dalam wewenangnya.  hahaha..naahhh naasnya adegan itu dimanfaatkan oleh orang-orang yang mulai keringetan ngeliat tingkahnya. walaupun Pak Mentri sudah meminta maaf dan berniat menggati rugi tapi ternyata nasi sudah menjadi ketupat. Langsung aja pada rapat Paripurna kemarin dia kena interpelasi. *Stoppp.. ituu apa artinya sih? ooiiiyyaa.. interplasi itu adalah hak Anggota Dewan yang diatur dalam UUD, semacam hak konstitusi gitu. Sebenernya ga boleh langsung dipake sembarangan dan tanpa perundingan yang matang siih. Lagian ya Interplasi kalau ditujukan ke mentri setahu saya jadi “salah alamat” macam judul lagunya Ayu Tingting. hehehe.. 🙂 *Lhoo kok gitu sih tam? naahh itu harusnya ditujukan langsung ke bos-nya mentri, karena jika mau ditujukan ke mentrinya cukup dalam rapat kerja ajah.
 
Tindakan Interpelasi juga terlihat sebagai pemanfaatan oleh elite-elite partai politik yang merasa terancam masa depannya di 2014 oleh Pak Mentri. Lagian DPR masih bisa menempuh cara lain ko! yaitu seperti menjalankan fungsi Kedewanan sebagai pengawas yang efektif dan konstruktif kepada beliau.
 
Jadi kesannya gak terlalu tersirat gitu ya? :p

Kembalikan Unyil kepangkuanku..

Image

Hak Unyil yang lahir pada tahun 1981 sekarang dipertanyakan oleh “Sang Ayah”, Drs. Suyadi. Beliau dikenal sebagai Pak Raden yang memiliki karakter jawa yang kental, sehari-harinya menggunakan kain beskap warna hitam lengkap dengan blangkon dan tongkat. Kumis hitam dan dua alisnya yang tebal melintang di mukanya, itu ciri khas kental dari karakternya.

Pada tanggal 14 Desember 1995 Pak Raden menyerahkan hak asuh (read: hak cipta) kepada Perum Produksi Film Negara. Kontrak hak asuh Unyil hanya berumur 5 tahun. Itu berarti harusnya pada tanggal 14 Desember 2000, Unyil dan ke 11 kawannya dikembalikan hak asuhnya kepangkuan pak Raden, tapi yang terjadi malah sebaliknya dari sana Pak Raden tidak lagi dapat melihat Unyil dkk.. tidak sepersenpun juga di berikan sebagai royalti kepada Bapak yang skrg hampir berumur genap 80 tahun itu.

Dikala sudah banyak yang menggunakan nama Unyil bahkan menggunakan karakter utama Unyil di sebuah acara TV swasta, kabar angin yang berhembuh ada penggarapan Unyil 3D di Batam. Jangan kan bicara royalti, untuk pemberitahuannya tentang hal itu Pak Raden pun tidak.

Terimakasih kepada beliau kini kita, sebagai pemuda penerus bangsa mendapatkan pembelajarannya. Bahwa sesuatu yang kita ciptakan harus kita Rawat dan lindung. Jangan mudah percaya walaupun kepada instansi pemerintahan. bukan maksut saya menyalahkan PFN sepenuhnya juga sih.. sedikit banyak ini salah Pak Raden juga, kita sebagai creator harus mampu dan bisa memilih kontrak mana yang bisa merugikan, mana yang menguntungkan. saya berharap akan ada segera jalan tengah dari semua masalah ini.

one step at a time

Hhmmm.. there are so many things in your life that you want to get better at! Am I rite? but for some reason you just keep falling short of your own.. yuup! me too.

W.H.Y.?.

well well well.. I think the problem is that we tend to try to better ourselves all at once, rather than concentrate on one important thing at a time. One step at a time turns into a lifetime of change and getting better. So we can eventually become a better overall person if we have a day to day plan and stick to it…

You can not walk with both feet step forward yes?

Dengan kaitkata , , , ,

Bila saya jadi DKI 1;

judul itu bukan sebuah obsesi tapi lebih kepada kritik bagi pemda aja. Apa yang diharapkan dari masyarakat Jakarta adalah RASA AMAN! rasa aman dr kejahatan, banjir, kemacetan, dan mungkin termasuk kemiskinan.

bagaimana cara kita menciptakan rasa aman dari itu semua?

    1.Menciptakan dan memperbanyak taman di jantung kota.
    Dengan ini pembangunan gedung-gedung komersil harus diperketat izinnya atau lebih ektrem distop, Keberadaan mal di Jakarta sudah lebih dari banyak. Taman kota bukan hanya sekedar tempat untuk sarana penghijauan dan pendauran ulang udara dan oksigen, tapi juga sebagai sarana bermain anak-anak Jakarta yang sudah punah. Dari sarana bermain yang kurang berdampak langsung pada pelampiasan kenakalan remaja ke hal negatif, lalu dewasa sebelum waktunya, dan masih banyak lagi.

      2. Sistem transportasi yang memadai.
      transportasi Jakarta dan piranti pendukungnya seperti jalan raya, rambu lalu lintas masih sangat jauh dari kata memadai. Memadai disini maksut saya bukan hanya kuantitas armadanya yang banyak tetapi bagaimana kenyamanan dan keamanan penumpang didalamnya bisa dijaga semaksimal mungkin. dari becak, ojek, bajaj, mikrolet, metromini, kopaja, taksi, busway hingga kereta semuanya memiliki trauma tersendiri bagi penduduk jakarta. Juga Jalanan yang tiba-tiba bolong padahal hari sebelumnya masih dalam keadaan mulus. Memperluas dan memperbanyak alternatif jalanan Jakarta juga akan sangat membantu meringankan beban hidup warga Jakarta.

        3. Pendidikan yang merata
        Pendidikian yang merata. dari 3 cara diatas mungkin cara inilah yang sulit. bukan tidak bisa lho ya! tapi hanya butuh usaha yang lebih untuk merealisasikannya. Pendidikan yang merata adalah suatu usaha pemerintah memberikan ilmu kepada masyarakat yang tidak mampu. “dananya darimana omm?” sumber dana bisa didapat dari APBD, atau sumbangan external maupun NGO dunia. Banyaknya sumber dana, saya bisa percaya, tapi pengelolaannya lah yang saya tidak bisa percaya. nantinya harus ada sistem relay dari sumber dana kepada penyandang dana, untuk menyokong sistem ini agar lebih transparant.

        semuanya tidak akan berubah hanya dalam 1 kali periode. Namun, dalam 1 kali periode itulah semuanya bisa dirubah

        ngerti ga? saya harap sih ngertii.. hehehe.

bikers terror

Today the existence of biker gangs brought so much fear into the city. well, including my parents.. last nite they called me just to checked up on my status. that wasn’t because I stayed late but because i brought vespa with me. ooohhh so much parents typical rite??

what i could say is I blamed police ignorance for the brutality of motorcycle gang in Jakarta. if the Polda efforts to tackle the issue is by conducting patrols over city, they were just simply inadequate.

Police ignorance of the existence of biker gangs would triggered social conflicts and vigilante acts, such as what occurred the last couple days.
Without proper and sustainable efforts to tackle this situation, it is not impossible that more serious conflicts will occur. From now on lets just keep our head clean and chill so we’re not easy to get provoked by some strangers. the more important thing is watch your 6 (i mean your back). then we pray A LOT! hopefully we’re still under God’s watch and blessed. amiiiiiiiin 🙂

Pembahasan UU Pemilu 2012 di Sidang Paripurna mendapat kan banyak hambatan. Seperti biasa masing-masing partai memiliki kepentingan masing-masing yang mau diselipkan kedalamnya demi pemilu legislatif 2014. kepentingan tersebut belum tentu negatif lho ya!

“Kepentingan apa sih tam?”

hhhmm.. kepentingan itu adalah bagaimana cara sebuah partai mendapatkan suara lebih banyak. Dihitung dari banyaknya jumlah kursi yang didapatkan di DPR(D). Lebih-lebih untuk partai kecil, mereka akan berusaha sekuat tenaga untuk meng-gol-kan sebuah sistem pemilihan demi kelangsungan hidup mereka di kancah Nasional.

 

“heii, sistem Pemilihan yg seperti apaan sihh?” iya2, sabar akan gw jelasin kok!

  1. Persentase ambang batas yang rendah, dibawah 3,5% (pada tahun 2009 sebesar 2,5%) jadi analogi dasaranya makin besar persentase ambang batas semakin susah juga partai-partai kecil untuk masuk ke Parlemen.
  2. Sistem Pemilihan yang Terbuka (pada tahun 2009 sistem ini juga diterapkan). Dengan terbuka berarti si partai politik tidak perlu mengeluarkan uang banyak demi mengumpulkan suara. karena caleg-caleg dari nomor urut pertama hingga yang terakhir punya chance yang sama. mereka lah yang akan mengeluarkan dana demi suara partai yang besar.
  3. Metode konversi suaranya Kuota / Largest Remainders. Kalau yang ini mau dijelasin rinci bisa makan waktu 3hari 5malem, jadi saya langsung ke intinya aja. pokoke’ dengan tidak menggunakan metode Webster mereka mendapatkan peluang lebih besar untuk mendapatkan kursi.
  4. Memperbanyak jumlah kursi per dapil sebesar 3-12 (pada tahun 2009 hanya 3-10 kursi aja). otomatis dengan lebih banyak kursi peluang mendapatkan kursi juga akan lebih besar kan?!

naaahhhh rapat paripurna ini gw perkirakan lebih alot dari yang BBM kemaren. Karena ini membahas nyawa partai-partai dimasa pemilu depan, buktinya sampe sekarang jam 21:58:02 rapat paripurna masih di skors aja lhoo! marii kita berdoa apapun hasilnya nanti itulah yang terbaik untuk Indonesia 🙂 🙂 🙂

 

UU Pemilu ’12