Pembahasan UU Pemilu 2012 di Sidang Paripurna mendapat kan banyak hambatan. Seperti biasa masing-masing partai memiliki kepentingan masing-masing yang mau diselipkan kedalamnya demi pemilu legislatif 2014. kepentingan tersebut belum tentu negatif lho ya!

“Kepentingan apa sih tam?”

hhhmm.. kepentingan itu adalah bagaimana cara sebuah partai mendapatkan suara lebih banyak. Dihitung dari banyaknya jumlah kursi yang didapatkan di DPR(D). Lebih-lebih untuk partai kecil, mereka akan berusaha sekuat tenaga untuk meng-gol-kan sebuah sistem pemilihan demi kelangsungan hidup mereka di kancah Nasional.

ย 

“heii, sistem Pemilihan yg seperti apaan sihh?” iya2, sabar akan gw jelasin kok!

  1. Persentase ambang batas yang rendah, dibawah 3,5% (pada tahun 2009 sebesar 2,5%) jadi analogi dasaranya makin besar persentase ambang batas semakin susah juga partai-partai kecil untuk masuk ke Parlemen.
  2. Sistem Pemilihan yang Terbuka (pada tahun 2009 sistem ini juga diterapkan). Dengan terbuka berarti si partai politik tidak perlu mengeluarkan uang banyak demi mengumpulkan suara. karena caleg-caleg dari nomor urut pertama hingga yang terakhir punya chance yang sama. mereka lah yang akan mengeluarkan dana demi suara partai yang besar.
  3. Metode konversi suaranya Kuota / Largest Remainders. Kalau yang ini mau dijelasin rinci bisa makan waktu 3hari 5malem, jadi saya langsung ke intinya aja. pokoke’ dengan tidak menggunakan metode Webster mereka mendapatkan peluang lebih besar untuk mendapatkan kursi.
  4. Memperbanyak jumlah kursi per dapil sebesar 3-12 (pada tahun 2009 hanya 3-10 kursi aja). otomatis dengan lebih banyak kursi peluang mendapatkan kursi juga akan lebih besar kan?!

naaahhhh rapat paripurna ini gw perkirakan lebih alot dari yang BBM kemaren. Karena ini membahas nyawa partai-partai dimasa pemilu depan, buktinya sampe sekarang jam 21:58:02 rapat paripurna masih di skors aja lhoo! marii kita berdoa apapun hasilnya nanti itulah yang terbaik untuk Indonesia ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚

ย 

UU Pemilu ’12

Iklan

2 thoughts on “UU Pemilu ’12

  1. ithapaztiuw berkata:

    iya ,,
    semua orang yang ikut sidang paripurna bukan lagi anak SD yang belum mengrtii bgmna yg terbaiik untuk Indonesia ,,
    jadii kita yakin aja ,, apapun putusannya nanti , pasti yg terbaik buat Indonsia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: