Kembalikan Unyil kepangkuanku..

Image

Hak Unyil yang lahir pada tahun 1981 sekarang dipertanyakan oleh “Sang Ayah”, Drs. Suyadi. Beliau dikenal sebagai Pak Raden yang memiliki karakter jawa yang kental, sehari-harinya menggunakan kain beskap warna hitam lengkap dengan blangkon dan tongkat. Kumis hitam dan dua alisnya yang tebal melintang di mukanya, itu ciri khas kental dari karakternya.

Pada tanggal 14 Desember 1995 Pak Raden menyerahkan hak asuh (read: hak cipta) kepada Perum Produksi Film Negara. Kontrak hak asuh Unyil hanya berumur 5 tahun. Itu berarti harusnya pada tanggal 14 Desember 2000, Unyil dan ke 11 kawannya dikembalikan hak asuhnya kepangkuan pak Raden, tapi yang terjadi malah sebaliknya dari sana Pak Raden tidak lagi dapat melihat Unyil dkk.. tidak sepersenpun juga di berikan sebagai royalti kepada Bapak yang skrg hampir berumur genap 80 tahun itu.

Dikala sudah banyak yang menggunakan nama Unyil bahkan menggunakan karakter utama Unyil di sebuah acara TV swasta, kabar angin yang berhembuh ada penggarapan Unyil 3D di Batam. Jangan kan bicara royalti, untuk pemberitahuannya tentang hal itu Pak Raden pun tidak.

Terimakasih kepada beliau kini kita, sebagai pemuda penerus bangsa mendapatkan pembelajarannya. Bahwa sesuatu yang kita ciptakan harus kita Rawat dan lindung. Jangan mudah percaya walaupun kepada instansi pemerintahan. bukan maksut saya menyalahkan PFN sepenuhnya juga sih.. sedikit banyak ini salah Pak Raden juga, kita sebagai creator harus mampu dan bisa memilih kontrak mana yang bisa merugikan, mana yang menguntungkan. saya berharap akan ada segera jalan tengah dari semua masalah ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: